Tuesday, January 8, 2013

Sweet Bread Mamaken


dirumah itu semua penggemar roti, dari bapak, anak2 termasuk emaknya... roti mania. boleh dikata roti lebih penting daripada nasi. dulu selalu jadi pelanggan setia gerobak roti keliling franchise dari jepang yang terkenal itu. setiap hari pasti beli dan sekali beli bisa 30 - 40 rebu...lha wong anaknya aja ada 3... hehe..

sering baca2 di koran, internet, dll, katanya roti2 jaman sekarang itu banyak menggunakan zat-zat kimia tambahan yang membuat roti jadi empuk, putih dan tahan lama... wakkss. ngeri kaleee.. secara anak2 gw saban hari makan roti.  pernah juga bikin simple test sendiri.. roti tawar beli disimpan sampai seminggu ga berubah rasa dan warnanya... hikkss...

akhirnya bertekad untuk bisa bikin roti sendiri yang tanpa tambahan bahan kimia apapun, hanya terigu, susu, telur, gula dan ragi.. trial berbagai macam resep sampai akhirnya terciptalah resep roti manis andalan gw... berhubung gw ini tipe yang ogah repot, akhirnya beli bread maker.. yang tinggal cemplung, langsung jadi adonan yang kalis, isi filling, proofing dan panggang.

resep ini anti gagal alias pasti jadi... dan menghasilkan roti yang empuk dan menul2... udah pernah aku share di milis ncc dan sudah banyak teman2 yang sukses bikin roti dengan resep ini. Alhamdulillah...



Sweet Bread Mamaken

500 gr terigu cakra
2 butir kuning telur
100 gr gula pasir
100 gr butter
250 cc susu cair
1 bungkus ragi instant
1 sdm susu bubuk
1/2 sdt garam

Larutkan ragi dengan 2 sdm air hangat, tunggu sampai ragi mengembang dan berbuih, lk 10 menit. cara ini sangat ampuh untuk menghilangkan bau asem ragi pada roti.

Campur bahan kering jadi satu, tambahkan bahan cair dan ragi yang sudah dilarutkan,  uleni sampai kalis dengan mixer. masukkan butter dan garam, lanjutkan menguleni sampai elastis.

Diamkan lk 30 menit, setelah itu tinju adonan untuk mengeluarkan udara didalamnya. bagi adonan lk @ 30 gr, giling tipis dan isi dengan filling, gulung. letakan di loyang muffin yang sudah dioles mentega. diamkan lagi 60 menit sampai mengembang dua kali lipat. oles dengan campuran kuning telur dan susu cair.

Panggang suhu 180 selama 15 menit sampai kecoklatan. angkat, panas2 oles atasnya dengan butter.


 filling kismis


penampakan adonan setelah proofing ke 2


roti sobek isi coklat

sengaja aku tulis lagi resepnya disini, karena aku masih terima banyak email japri menanyakan resep roti ini. silahkan dicoba... ga bakalan mau lagi beli roti di luar, karena dah bisa menyajikan roti sehat, lezat buat keluarga dan yang pasti bebas bahan kimia tambahan. buat yang punya bread maker bisa sambil merem bikinnya, sedangkan yang ga punya ga perlu berkecil hati.... diuleni pake tangan juga bisa. isi bisa dimodifikasi sesuai selera. bentuknya juga bisa beragam jadi cupbread, roti sobek maupun roti tawar. aku sendiri selalu bikin roti 3 kali seminggu, sekali bikin sekilo terigu.. hehehe....

selamat ngerotttiiii.......